Kail Untuk Pebisnis UKM


Banyak pemerhati masalah usaha mikro, kecil dan menengah yang berpendapat bahwa dalam melakukan pemberdayaan masyarakat, khususnya pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), selain masalah modal dalam bentuk uang yang sering menjadi kendala utama, faktor lainnya seperti skill sales dan marketing, manajemen, bahkan mindset berwirausaha juga kerap menjadi hambatan.

Hambatan lain, seperti bagaimana membangun kepercayaan, menciptakan jalinan kerja (network), serta reputasi membangun bisnis, juga lemah. Alhasil, banyak pengusaha UMKM yang memiliki produk yang unik dan spesifik tetapi susah berkembang karena beberapa kendala tersebut. Namun ada sisi positif dari UMKM Indonesia yang tidak dimiliki oleh yang lainnya, yaitu adanya modal sosial.

Para pakar pengembangan UMKM meyakini, modal sosial ini dapat dikembangkan dan dijadikan kekuatan dalam membangun ekonomi Indonesia berbasis UMKM. Contoh modal sosial yang dapat ditemui dalam diri UMKM dan masyarakat Indonesia adalah adanya kecintaan masyarakat menggunakan produk bangsa sendiri, gotong royong, suka membantu keluarga/masyarakat atau tetangga terdekat.

Modal sosial inilah yang harus terus dikembangkan, selain faktor-faktor produksi lainnya, seperti lahan/lokasi usaha, modal, pengetahuan, teknologi, dan manajemen.

Sahabat UKM merupakan entitas bisnis jasa keuangan yang khusus memberikan perhatian bagi para pelaku usaha berskala UMKM. Sebagai entitas bisnis jasa keuangan, Sahabat UKM bukan saja memberikan fasilitas pembiayaan dengan maksimum hingga mencapai Rp200juta, tetapi juga mengasah modal sosial masyarakat, serta memberikan pengetahuan kewirausahaan dengan penyediaan buku-buku kewirausahaan, majalah kewirausahaan, menyelenggarakan seminar kewirausahaan, dan bentuk kegiatan sosial lainnya.

Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini agar masyarakat, pengusaha UMKM tidak saja memperoleh modal yang diinginkan, tetapi juga mendapatkan banyak pengetahuan, serta pengalaman langsung selama mengikuti berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Sahabat UKM. Kegiatan yang dilakukan semuanya gratis, dan didedikasikan khusus bagi mitra dan nasabah Sahabat UKM agar mampu mengembangkan bisnisnya.

Para nara sumber, juga berasal dari kalangan mereka sendiri, para pengusaha UMKM yang telah sukses dan berhasil membangun bisnis dengan baik. Tema yang dibahas antara lain : Membangun Keberanian Berbisnis, Mengembangkan Bisnis dari 1 Menjadi 10, Menciptakan Bisnis Beromzet Jutaan, dan sebagainya.

Menurut Cepy Yana Mulyana, dari Sahabat UKM, semua kegiatan yang dilaksanakan laiknya sebuah kail.

“Jika pengusaha UMKM memiliki maindset berbisnis yang benar, pengetahuan produk, serta manajemen dan pengelolaan usaha baik, maka usahanya dipastikan dapat berkembang dengan baik,” cetusnya.

Bagi yang berminat mengikuti kegiatan yang diselenggarakan Sahabat UKM dapat menghubungi telepon 021-73882340.

Comments