Cara Hadapi Penipuan Melalui Ponsel? Tenangkan Diri dan Jangan Panik


Seputar24h,
Tidak sedikit di antara kalian pernah menjadi korban usil dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab, anehnya mereka menghubungi korban seakan-akan di waktu yang tidak tepat karena aktifitas padat. Misalnya tiba-tiba kita diberi kabar bahwa salah satu anggota keluarga kita mengalami kecelakaan, atau ucapan selamat bahwa kita telah berhasil memenangkan undian berhadiah yang semua itu dilakukan dengan asal tembak kasus saja.

Bagi pelaku, mereka akan beruntung jika kasus yang dilempar kepada korban adalah kasus yang match dengan kehidupan korban. Maka pelaku dengan mudah akan mendikte korban dengan bahasa sederhana namun bisa mengarahkan korban untuk melakukan apa yang dikehendaki pelaku. Kasus yang sering terjadi adalah korban diminta mentransfer sejumlah uang dengan harapan menjadi solusi penyelesaian atas permasalahan yang dilempar oleh pelaku kepada korban.

Ciri calon korban yang mudah dijadikan target adalah mereka yang punya mental lemah, mudah panik dan kurang tenang dalam mensikapi informasi yang masuk dari sumber yang tidak jelas asal muasalnya. Sisi psikologi tersebut sangat merugikan bagi calon korban karena sangat rawan menjadi sasaran empuk.

Cara mengatasinya :

1. Dengan membiasakan diri untuk tidak mudah percaya jika ada panggilan masuk dari nomor yang tidak tersimpan pada ponsel anda.

2. Dalam keadaan settingan pelaku mengkondisikan "Urgent" Penting dan Mendesak, sebaiknya kita coba menanyakan minimal 3 pertanyaan yang menyangkut keluarga atau lokasi yang mereka kabarkan kepada anda. ini berguna untuk memastikan bahwa pelaku tidak asal nembak.

3. Setelah ditelpon sebaiknya dirundingkan dengan orang-orang terdekat atau keluarga anda untuk mengambil langkah-langkah menangani situasi "settingan" pelaku supaya calon korban sedikit mengulur waktu dan menenangkan diri serta berfikir sehat.

Dengan Tiga langkah tersebut diharapkan bisa meminimalisir tindakan penipuan yang kini marak terjadi di masyarakat kita.

Waspada Penipuan Bisa Terjadi Kapan Saja dan Kepada Siapa Saja !!!
Cara Pelaku Mendikte Korban saat di mesin atm :

1. Beri harapan besar akan dapat uang.
2. Tidak kasih kesempatan korban untuk melihat layar atm.
3. Transfer Pertama ke rekening korban.
4. Nominal transfer tidak bulat.

Sebagai bonus simaklah Video rekaman  "Penipuan Gagal Total ini -  Niat menipu malah dikerjain"

Comments