Jauhkan Anak Dari Gadget! Jika Ingin Kreatifitas Anak Berkembang Melesat



Seputar24H, Terkadang orangtua merasa bangga ketika anaknya sudah mampu mengoperasikan gadget dengan aneka macam aplikasi di dalamnya. Tapi coba lihatlah bos pendiri perusahaan besar sekelas Apple - Steve Jobs, Steve justru melarang anak-anaknya menggunakan IPhone, IPad atau IPod. steve sadar bahwa teknologi tersebut akan menyebabkan candu bagi penggunanya sehingga memungkinkan seorang pengguna akan tergantung dengan perangkat tersebut.

Langkah yang diambil oleh Steve sangat beralasan, sebab anak-anak, terutama yang berumur di bawah 10 tahun adalah kelompok paling rentan kecanduan terhadap gadget. Akibat rasa ingin tahu anak yang tinggi dan akses terhadap teknologi dan internet yang tersedia cukup mudah, maka dari itu anak-anak tersebut berpotensi menerima paparan konten-konten berbahaya seperti pornografi, tontonan kekerasan atau bahkan melakukan aktivitas negatif seperti mem-bully orang via jejaring sosial.

Di Indonesia banyak sekali anda temukan kreatifitas-kreatiftas anak pedesaan, tak jarang mereka membuat mainan-mainan tradisional, dari sekedar membuat layang-layang, pistol atau senapan laras panjang dari pelepah daun pisang, hingga membuat mobil-mobilan dari limbah kayu bekas potongan kecil gergajian. Mereka akan bangga jika hasil karya mereka dipuji teman-teman lainnya, kemudian mereka akan bermain dalam sebuah grup dengan membawa mainan ciptaan mereka masing-masing. Di sini interaksi sosial bagi anak terasa kental sekali.

Manfaat yang diperoleh dari mainan tradisional anak-anak kita, yakni :

1. Mampu mengembangkan intelektualitas pada anak
2. Mengembangkan kecerdasan emosi pada anak
3. Mengembangkan naluri dan daya kreatifitas anak
4. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
5. Melatih kemampuan motorik

Yuk, Mulai sekarang bimbing anak-anak kita untuk mencintai kembali permainan-permainan tradisional yang semakin hari semakin ditinggalkan. Demi masa depan generasi Indonesia yang kreatif dan inovatif. Bukan sebagai generasi candu teknologi, bukan sebagai generasi customer dari negara lain. Bukan mimpi Indonesia menjadi negara maju kelak!

Berikut Video Kreatifitas Anak Terapan Ilmu Mekanik dan Hidrolik :

Comments