Susu Kedelai Minuman Kaya Akan Protein, Berikut Cara Mudah Untuk Membuatnya

Pola hidup sehat adalah kesepakatan kita dengan diri sendiri, sebelum kita mencintai hal yang lain alangkah baiknya dimulai dengan mencintai dan membiasakan untuk menjaga kesehatan. Tulisan ini ingin mengupas salah satu kebutuhan yang menunjang hidup sehat, contohnya dengan memperhatikan asupan guna memenuhi gizi yang diperlukan dalam sehari-hari namun mudah kita buat.

Kedelai adalah bahan makanan sederhana yang mengandung banyak manfaat, dilihat dari gizinya kedelai mengandung :

1. Lemak Tak Jenuh
Dibanding kacang-kacangan yang lain lemak pada kedelai sebagaian adalah lemak tak jenuh, serta mengandung Omega-3 yang sangat berguna untuk mengurangi resiko penyakit jantung atau kanker.

2. Protein
Perlu diketahui, Protein Nabati berguna untuk membantu pencernaan, membangun sel-sel dalam tubuh, khususnya bagi anak-anak dan remaja dalam masa pertumbuhan.

3. Kalsium
Di dalam kedelai terkandung kalsium seperti yang terkandung dalam susu sapi.

4. Lechitin
Manfaat dari Lechitin adalah membantu dalam metabolisme dalam tubuh. Menghilangkan tersendatnya lemak di dalam hati.


Membuat  susu dari kacang kedelai murni tidaklah sulit, bukan rahasia umum bahwa kandungan gizi dan nutrisinya sudah tidak diragukan lagi. Proses pembuatannya sederhana karena yang dibutuhkan hanya bahan berupa kacang kedelai dan air, kadar air disesuaikan guna memperoleh kekentalan yang dikehendaki. Untuk mengurangi rasa langu dari susu kedelai dapat dilakukan penambahan daun pandan atau vanili, gula dan garam. Sedangkan jika anda menginginkan khasiat yang lebih dan menghasilkan rasa enak dan variasi, anda juga bisa menggunakan bahan-bahan seperti serai, jahe cengkih, kayu manis, bubuk coklat, teh bubuk dan bahan lainnya.

Langkah Membuat Susu Kedelai Murni :

1. Pertama cucilah kacang kedelai dengan air bersih kemudian rendam semalaman hingga ukurannya berubah lebih besar dan empuk. Setelah itu, bersihkan cangkang arinya.

2. Masukkan dalam blender, kedelai yang sudah dibersihkan cangkang arinya tersebut dengan air dengan perkiraan 1 : 3, jika 1 gelas kecil ukuran 240ml kedelai campurkan dengan 3 gelas tsb. Blender hingga halus kemudian saring dengan kain putih atau kain kasa atau saringan yang lubangnya kecil. Dapat juga dilakukan blender dan penyaringan berulang dari 3 bagian air agar sari kedelai keluar lebih banyak.

3. Langkah berikutnya adalah perebusan yang bertujuan untuk sterilisasi kuman, beraroma, menambah khasiat bagi tubuh serta mengurangi aroma kedelai yang terasa langu. Perlu diperhatikan! Rebuslah dengan api sedang sambil diaduk-aduk agar susu tidak pecah. Pada perebusan ini kita dapat menambahkan bahan-bahan sesuai keinginanseperti yang paparkan sebelumnya. Catatan : Jika menggunakan vanili, jangan kebanyakan memasukkan vanili, akan menyebabkan rasa pahit.

4. Sajikanlah minuman ini saat hangat atau didingankan dahulu di lemari es supaya terasa lebih segar. Selamat mencoba!

Comments