Ketika lupa Password WordPress Offline

saya menginstall banyak wordpress di localhost(komputer pribadi), sangking banyaknya sayapun lupa pass salah satu wordpress offline saya.
wah gimana ni, wp offline itu lumanyan penting karena isinya adalah postingan yang akan saya update di versi online.
berpikir sejenak, akhirnya ketemu juga caranya
dalam kasus ini, kita asumsikan ngga ada koneksi internet! ngga bisa googling juga, dan ngga bisa klik lostpass “kan ngga ada koneksi internet!”
berikut cara membuka pass wordpress offline
  • aktifkan localhost ‘saya pakai wamp’
  • kita umpamakan, anda lupa pass wp offlinenya
  • buka phpmyadmin >> http://localhost/phpmyadmin
  • perhatikan di sidebar kiri, disitu ada beberapa list database
  • klik database wopdpress yang passwordnya lupa
  • di sidebar kiri lagi ada wp_user, klik
  • klik lagi browse
  • disini kita bisa lihat sepert ini
user_loginuser_passuser_nicenameuser_email
  • di bagian bawah ada valuenya
  • coba perhatikan value user_passnya
  • itu adalah algoritma HASH
saya ingat, dulu pernah dapat script php untuk menebak algoritma HASH. sebenarnya kita bisa menggunakan itu, tapikan ‘sekarang ngga ada koneksi internet’.
berikut penyelesaianya
  • klik edit (icon pensil)
  • kira kira susunanya seperti ini
FieldTypeFunctionNullValue
IDbigint(20) unsigned

user_loginvarchar(60)

user_passvarchar(64)

user_nicenamevarchar(50)

user_emailvarchar(100)

user_urlvarchar(100)

user_registereddatetime

user_activation_keyvarchar(60)

user_statusint(11)

display_namevarchar(250)


next step
  • perhatikan user_pass dan valuenya
  • hapus lalu ubah value user_pass menjadi $P$B/CA2Su9q57.ebf4aNBmuJc08gg.fW0
  • klik Go
login
  • login kembali ke wordpress offline anda
  • masukan username
  • passnya adalah “aa”(tanpa tanda kutip)
  • enter/login
  • dashboard
mungkin anda bertanya, kok passnya jadi “aa” ???, jawabanya simple. kita asumsikan, saya install wordpress lagi, pada instalasi ini saya membuat passnya menjadi “aa”, setelah itu saya masuk ke phpmyadmin lalu mengcopy value user_pass yang saya baru install tadi. kemudian, saya klik database yang passnya lupa tadi, lalu saya ganti value user_pass dengan user_pass yang baru saya install tadi, simple kan.
trik ini juga bisa digunakan, ketika hosting anda ngga bisa kirim email(biasanya free host)
semoga tulisan ringan ini sedikit bermanfaat..

by. indaamdotcom

Comments

Post a Comment