Hati-Hati Sama Penyakit "Nggak Enakan"

Wahai saudaraku...Banyak diantara kita yang terkena penyakit yang namanya "Nggak Enakan". Misalnya, gak enakan kalau gak dateng karna diundang ke acara natal, acara ulang tahun dan acara lainnya yang dilarang dalam islam. Gak enak nih kalau ga ngucapin selamat natal ke dia...ga enak ni gak dateng acara ulangtahun dia karena diundang dan acara adat/tradisi lainnya yang tidak ada dalam islam.

Kita lebih sering takut ga enakan sama manusia, takut sama manusia..tapi tidak takut sama Allah. Kita lebih sering takut dan Nggak Enakan kalau sampai si fulan itu marah gara-gara gak salaman padahal Rasulullah sudah melarang kita untuk tidak bersalaman dengan non mahram, takut kalau dibilang sombong, Takut dibilang sok alim, sok suci dan lain-lain. Tapi kita tidak takut akan bagaimana Murkanya Allah.

Sekalipun itu orangtua kita sendiri yang menyuruh kita untuk menyembah berhala, maka tidak ada ketaatan lagi disana.Taat boleh tapi tidak untuk menabrak hukum Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada ketaatan dalam perkara maksiat. Ketaatan itu hanyalah dalam perkara yang ma’ruf (kebaikan).” (HR. Bukhari no. 7145 dan Muslim no. 1840)




Selain itu, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam memperingatkan, “Tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam bermaksiat kepada Allah.” (HR. Ahmad 1: 131. Sanad hadits ini shahihkata Syaikh Syu’aib Al Arnauth)

Bersabarlah dalam ketaatan dan berusahalah untuk tetap istiqomah.
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman , “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Rabb kami ialah Allah”, kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al Ahqaf: 13-14).

Bersabarlah saudaraku... Buanglah jauh-jauh perasaan ga enakan sama manusia , kalau itu harus membuat Allah murka kepada kita. Waktu kita hidup di dunia ini tidak lah lama.. dimusuhi manusia karna lebih taat pada Allah cuma sebentar aja..hitungan dunia hanya sekejap mata dibanding kehidupan akhirat yang lebih baik dan kekal. Demi menggapai ridhoNya dan surga firdausNya.

Semoga kita bisa bersabar dan istiqomah dalam ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta'ala...

Comments